Kurikulum

     Informasi mengenai Kurikulum Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam dapat di akses : Kurikulum

    Berdasarkan lampiran Peraturan No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, terdapat sejumlah deskripsi generik yang harus dikuasai oleh lulusan Strata 1 (S.1) Adapun deskripsi kompetensi yang terkait dengan level/jenjang pendidikan S1 yang disandang oleh setiap lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, meliputi:

Kompetensi Bidang Sikap dan Tata Nilai

1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius;

2

Menjunjung tinggi nilai-nilai dalam kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3

Berkontribusi terhadap peningkatan mutu kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta terhadap tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

5

Menghargai terhadap keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6

Bekerja sama sertav memiliki kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

10

Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan;

11

Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia; dan

12

Memiliki integritas akademik, diantaranya kemampuan dalam memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.

13

Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;

14

Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;

15

Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan layanan pendidikan baik pemerintah maupun swasta;

16

Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan layanan pendidikan baik pemerintah maupun swasta;

17

Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan layanan pendidikan baik pemerintah maupun swasta;

 

Kompetensi Bidang Pengetahuan

1

Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan/nasionalisme, keislaman, keindonesiaan dan globalisasi;

2

Menguasai pengetahuan serta langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan akademik dan dunia kerja;

3

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

4

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

5

Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil „alamin

6

Menguasai pengetahuan serta langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;

7

Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;

8

Menguasai berbagai teori pendidikan Islam dan teori-teori lain yang relevan dalam filsafat, psikologi, sejarah dan ilmu pendidikan Islam;

9

Menguasai teknik dan metode penelitian bidang manajemen pendidikan Islam dalam rangka melakukan tindakan ilmiah untuk peningkatan kualitas dan menentukan langkah-langkah yang inovatif untuk memperbaiki tata kelola lembaga pendidikan di berbagai jenis dan jenjang;Menguasai berbagai teori, konsep dan prinsip-prinsip dasar serta struktur keilmuan manajemen pendidikan Islam yang mencakup bidang kurikulum, SDM pendidikan, sarana dan prasarana, keuangan, administrasi, pemasaran, organisasi atau kelembagaan, keuangan, kearsipan, dan kehumasan di lembaga pendidikan Islam di berbagai jenis dan jenjang pendidikan;

10

Menguasai teori kewirausahaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kreatif, inovatif, dan kompetitif sebagai tenaga administrasi pendidikan;

11

Menguasai teori kepemimpinan pendidikan Islam untuk menumbuhkembangkan jiwa dan karakter kepemimpinan profetik sebagai tenaga administrasi pendidikan;

12

Menguasai konsep-konsep dasar dalam penulisan karya ilmiah berupa buku, makalah, artikel dan opini yang layak terbit.

 

Kompetensi Bidang Keterampilan Umum

1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

4

Menyusun deskripsi yang saintifik, hasilnya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

5

Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

6

 Mampu memelihara serta mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganyaMampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

7

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

8

Mampu mendokumentasikan, mengamanahkan, menyimpan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

9

Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;

10

Mampu berkomunikasi baik dalam bentuk lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam perkembangan akademik dan dunia kerja;Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah

(problem solving ski…

 

Kompetensi Bidang Keterampilan Khusus

Lulusan sarjana Prodi Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki keterampilankhusus yaitu:

1

Mampu menganalisis desain tata kelola perusahaan untuk diterapkan di lembaga pendidikan Islam sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman;Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga pendidikan Islam;

2

Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga pendidikan Islam baik dengan teman sejawat maupun dengan masyarakat umum

3

Mampu melaksanakan monitoring, penilaian dan evaluasi pengelolaan pendidikan Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan peningkatan mutu pendidikan Islam;

4

Mampu melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan;

5

Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai tenaga administrasi pendidikan Islam yang sejati;

6

Mampu menyusun school mapping (pemetaan potensi sekolah/madrasah) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah dengan menerapkan berbagai strategi dalam manajemen pendidikan;

7

Mampu menyusun dan mengelola data dan informasi melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) bidang pendidikan;

8

Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi, pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan Islam, yaitu: bidang kurikulum, bidang sumber daya manusia pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keuangan (accounting), bidang administarisi perkantoran, bidang pemasaran (marketing) pendidikan;Mampu menulis karya ilmiah berupa buku, makalah, artikel dan opini dalam bidang pendidikan dan manajemen pendidikan yang memenuhi standard dan layak diterbitkan