Informasi mengenai Kurikulum Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam dapat di akses : Kurikulum
Berdasarkan lampiran Peraturan No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, terdapat sejumlah deskripsi generik yang harus dikuasai oleh lulusan Strata 1 (S.1) Adapun deskripsi kompetensi yang terkait dengan level/jenjang pendidikan S1 yang disandang oleh setiap lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, meliputi:
Kompetensi Bidang Sikap dan Tata Nilai |
|
1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mampu
menunjukkan sikap religius; |
2 |
Menjunjung tinggi nilai-nilai dalam kemanusiaan dan
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
3 |
Berkontribusi terhadap peningkatan mutu kehidupan dalam
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan
Pancasila; |
4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta
terhadap tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada
negara dan bangsa; |
5 |
Menghargai terhadap keanekaragaman budaya, pandangan,
agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
6 |
Bekerja sama sertav memiliki kepekaan sosial dan
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara; |
8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam pekerjaan di
bidang keahliannya secara mandiri;Menginternalisasi semangat kemandirian,
kejuangan, dan kewirausahaan; |
10 |
Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana
Pendidikan; |
11 |
Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi,
berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada
kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai
warga dunia; dan |
12 |
Memiliki integritas akademik, diantaranya kemampuan
dalam memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya,
serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme. |
13 |
Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa,
arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas
(flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh
inisitaif di tempat tugas; |
14 |
Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak
deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi
fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi; |
15 |
Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga,
percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada
satuan pendidikan sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan
layanan pendidikan baik pemerintah maupun swasta; |
16 |
Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership),
bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas
pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan
pendidikan sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan layanan
pendidikan baik pemerintah maupun swasta; |
17 |
Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan
dan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan
sekolah/madrasah atau instansi yang menyelenggaraakan layanan pendidikan baik
pemerintah maupun swasta; |
Kompetensi Bidang Pengetahuan |
|
1 |
Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila,
kewarganegaraan, wawasan kebangsaan/nasionalisme, keislaman, keindonesiaan
dan globalisasi; |
2 |
Menguasai pengetahuan serta langkah-langkah dalam
menyampaikan gagasan ilmiah baik secara lisan maupun tulisan dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan akademik
dan dunia kerja; |
3 |
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi
baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris
dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); |
4 |
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam
mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta
memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat
individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik; |
5 |
Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai
agama rahmatan lil „alamin |
6 |
Menguasai pengetahuan serta langkah-langkah integrasi
keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; |
7 |
Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya
wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika
Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global; |
8 |
Menguasai berbagai teori pendidikan Islam dan
teori-teori lain yang relevan dalam filsafat, psikologi, sejarah dan ilmu
pendidikan Islam; |
9 |
Menguasai teknik dan metode penelitian bidang manajemen
pendidikan Islam dalam rangka melakukan tindakan ilmiah untuk peningkatan
kualitas dan menentukan langkah-langkah yang inovatif untuk memperbaiki tata
kelola lembaga pendidikan di berbagai jenis dan jenjang;Menguasai berbagai
teori, konsep dan prinsip-prinsip dasar serta struktur keilmuan manajemen
pendidikan Islam yang mencakup bidang kurikulum, SDM pendidikan, sarana dan
prasarana, keuangan, administrasi, pemasaran, organisasi atau kelembagaan, keuangan,
kearsipan, dan kehumasan di lembaga pendidikan Islam di berbagai jenis dan
jenjang pendidikan; |
10 |
Menguasai teori kewirausahaan dalam rangka menumbuhkan
jiwa kreatif, inovatif, dan kompetitif sebagai tenaga administrasi
pendidikan; |
11 |
Menguasai teori kepemimpinan pendidikan Islam untuk
menumbuhkembangkan jiwa dan karakter kepemimpinan profetik sebagai tenaga
administrasi pendidikan; |
12 |
Menguasai konsep-konsep dasar dalam penulisan karya
ilmiah berupa buku, makalah, artikel dan opini yang layak terbit. |
Kompetensi Bidang Keterampilan Umum |
|
1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis,
dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannya |
2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika
ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
4 |
Menyusun deskripsi yang saintifik, hasilnya dalam
bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman
perguruan tinggi |
5 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam konteks
penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis
informasi dan data |
6 |
Mampu memelihara serta mengembangkan jaringan
kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar
lembaganyaMampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok
melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang
ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
7 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok
kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran
secara mandiri |
8 |
Mampu mendokumentasikan, mengamanahkan, menyimpan dan
menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
9 |
Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan
dan kemampuan kerja; |
10 |
Mampu berkomunikasi baik dalam bentuk lisan maupun
tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam perkembangan
akademik dan dunia kerja;Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan
kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir
kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving ski… |
Kompetensi Bidang Keterampilan Khusus Lulusan sarjana Prodi Manajemen Pendidikan
Islam wajib memiliki keterampilankhusus yaitu: |
|
1 |
Mampu menganalisis desain tata kelola perusahaan untuk
diterapkan di lembaga pendidikan Islam sesuai dengan kebutuhan dan
perkembangan zaman;Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
secara efektif dan berdaya guna untuk pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga
pendidikan Islam; |
2 |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dalam pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga pendidikan Islam baik dengan
teman sejawat maupun dengan masyarakat umum |
3 |
Mampu melaksanakan monitoring, penilaian dan evaluasi
pengelolaan pendidikan Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk
keperluan peningkatan mutu pendidikan Islam; |
4 |
Mampu melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pengelolaan
lembaga pendidikan Islam yang sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan; |
5 |
Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara
berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri
sebagai tenaga administrasi pendidikan Islam yang sejati; |
6 |
Mampu menyusun school mapping (pemetaan potensi
sekolah/madrasah) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di
sekolah/madrasah dengan menerapkan berbagai strategi dalam manajemen
pendidikan; |
7 |
Mampu menyusun dan mengelola data dan informasi melalui
pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) bidang pendidikan; |
8 |
Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi,
pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan Islam, yaitu: bidang
kurikulum, bidang sumber daya manusia pendidikan, bidang sarana dan
prasarana, bidang keuangan (accounting), bidang administarisi perkantoran,
bidang pemasaran (marketing) pendidikan;Mampu menulis karya ilmiah berupa
buku, makalah, artikel dan opini dalam bidang pendidikan dan manajemen
pendidikan yang memenuhi standard dan layak diterbitkan |