Kemahasiswaan

Kemahasiswaan Dan Lulusan

Bentuk Kegiatan, Pelaksaan Dan Hasilnya

Bimbingan

Memberikan bimbingan belajar, konsultasi kesulitan belajar dan waktu kuliah, teknik penulisan ilmiah, mendorong untuk berdiskusi kelompok. Termasuk juga masalah-masalah yang sifatnya pribadi antara dosen dan mahasiswa yang berkaitan dengan kesulitan belajar dan/atau menemui dosen pembimbing akademik bisa dijembatani  dengan baik oleh Kaprodi kepada dosen yang bersangkutan

Konseling

Banyak mahasiswa yang mengadukan berbagai persoalannya. Konseling ini membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Persoalan yang diselesaikan tidak hanya menyangkut aspek akademik, tetapi semua persoalan yang menjadi penghambat perkembangan studi mahasiswa, baik itu sosial, ekonomi, emosi/perasaan yang dialami oleh mahasiswa, termasuk soal pembayaran UKT.

Pesantren Mahasiswa Memberikan bimbingan baca tulis al-Qur’an, tahsinul Qur’an. Pidato/ceramah, kaligrafi.

Pramuka

Rancana Unsika Kegiatan Pramuka mempunyai tujuan untuk mewadahi mahasiswa agar semangat memperkuat solidaritas, membentuk karakter yang kuat dan berjiwa sosial, dan melahirkan generasi yang kuat secara mental dan rohani atau bias disebut sebagai generasi yang sehat jasmani dan rohaninya. Kegiatan RACANA Unsika lebih menekankan kegiatan yang bersifat gotong-royong, pengorbaban bagi sesama yang lebih memerlukan, dan penanaman jiwa kepemimpinan untuk kemajuan bersama.

LPM Unsika (Lembaga Pers Mahasiswa) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) mewadahi mahasiswa yang ingin menggeluti bidang jurnalistik. Kegiatan yang dilakukan UKM ini tidak hanya pelatihan jurnalistik bagi para mahasiswa tetapi juga penerbitan buletin digital LPM Unsika bentuk kepedulian perkembangan informasi seputar lingkungan kampus unsika.
FKDK (Forum Komunikasi Da’wah Kampus) Forum Komunikasi Dakwah Kampus (FKDK) merupakan UKM yang bergerak dibidang Dakwah Islam mempunyai visi “menjadi unsur perubah menuju terciptanya masyarakat kampus dan sekitarnya yang berpegang teguh pada nilai-nilai al-Qur’an dan as-Sunnah”. FKDK juga merupakan wadah bagi mahasiswa Unsika untuk berbagi ilmu, mengaktualisasi diri serta berbagai kegiatan –kegiatan sosial lainnya. Pusat kegiatannya di Masjid al-Khaer.
Teater Gabung Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Gabung Universitas Singaperbangsa Karawang telah memiliki 13 angkatan dengan status anggota muda, anggota biasa dan anggota luar biasa. Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Gabung Universitas Singaperbangsa Karawang yang kini berusia 12 tahun sebagai organisasi di bidang seni berupaya untuk terus menampilkan karya seni dengan mengangkat kisah-kisah yang terjadi khususnya di negeri ini.
Menwa UKM Menwa (Resimen Mahasiswa) adalah unit kegiatan mahasiswa dengan sistem semi-militer. UKM ini bertujuan menumbuhkan jiwa patriot dan kecintaan terhadap tanah air melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat bela negara di universitas.
Unit Kegiatan Olahraga Unsika mewadahi mahasiswa dalam bidang olahraga. Mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dalam hal olahraga seperti futsal, bola basket dan voli. Dalam UKM ini menyediakan beasiswa/ bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang berprestasi dibidang Olahraga.

Unsika Language Culture Club (ULCC)

Unsika Language Culture Club merupakan sarana bagi mahasiswa unsika yang berminat mendalami  bahasa, budaya, debat, spelling, Scrabble, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya Atau sarana untuk  berbagi ilmu dan bakat dalam bidang bahasa dan kebudayaan. ULCC tidak hanya mengembangkan bahasa inggris saja namun, bahasa daerah sunda, jawa dan yang lainnya banyak di explore dalam UKM ini.

Pembinaan Soft Skill

Dalam rangka pendalaman dan pematangan keahlian bidang keilmuan Manajemen Pendidikan Islam, maka diadakanlah pembinaan soft skill melalui program kegiatan di luar jadwal perkuliahan yang melibatkan unsur dosen Prodi MPI, alumni dan pengguna lulusan (Mitra Prodi MPI).

 

Bentuk Kegiatan

 

a.Program Praktek Latihan Profesi, 

b.Latihan Kepemimpinan Mahasiswa, 

c.Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat, dan 

d.Pelatihan ICT (Information and Communication Technology).

 

Pelaksanaan Kegiatan

 

Kegiatan Latihan Profesi yang dilaksanakan dalam program PPL/PLP diselenggarakan secara simultan pada satu semester sebagai mata kuliah core  Prodi MPI, mahasiswa berada di lokasi Praktek selama 6 Minggu yang dibagi menjadi dua tahapan, yaitu: (a) 2 Minggu pertama, mahasiswamelakukan observasi di lokasi PPL; (b) 4 minngu berikutnya, setelah mahasiswa melaporkan hasil observasinya, mahasiswa 

Melakukan praktek; latihan kepemimpinan  mahasiswa dilaksanakan melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinann Mahasiswa  (LDKM) yang diselengarakan oleh Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) FAI; pelatihan pemberdayaan masyarakat dilaksanakan dalam kegiatan kewirausahaan; dan pelatihan ICT dilaksanakan oleh FAI bekerjasama dengan Lembaga IT Unsika.

Output Kegiatan

Melalui kegiatan PPL/PLP mahasiswa diharapkan mengenal dunia kerja dan dapat menghayati kehidupan yang realistik, serta dapat memberikan solusi terhadap setiap permasalahan yang dihadapinya; Melalui LDKM mengenal konsep dasar kepemimpinan, karakteristiknya, sifat-sifatnya, dan teknik-teknik kepemimpinan; Melalui program Pemberdayaan Masyarakat, mahasiswa diharapkan memiliki sense of bellonging (rasa memiliki) dan sense of responsibility (rasa tangung jawab) setiap permasalahan yang terjadi di lingkungannya, baik lingkungan kerjanya, lingkungan masyarakat maupun lingkungan keluarganya.; dan melalui program pelatihan ICT, diharapkan mahasiswa dapat mengusai teknologi.

 
Kegiatan PLP/PPL Mahasiswa MPI

Beasiswa

Mendorong untuk mendapatkan bea siswa baik dari pemerintah maupun swasta

Beasisiswa yang pernah diterima oleh mahasiswa MPI adalah:

1.Bank Lippo 2 orang;

2.PT. Peruri Tbk

 
Pemberian Beasiswa Mahasiswa MPI

Kesehatan

Mahasiswa yang mengalami sakit ringan dirujuk ke Klinik Unsika yang mana Klinik tersebut stand bay setiap hari mulai hari Senin – Jum’at.

Event Kewirausahaan Mahasiswa Dalam kegaiatan pengembangan minat dan bakat

Previous
Next